background img

The New Stuff

Atra Coffe Samalanga




Jalan Sri Raya No.34 Samalanga, Kab. Bireuen, 
Nanggroe Aceh Darussalam‎.

Pernah kan anda meminum secangkir kopi di warkop atra kopi yang rasa nya maknyos itu, Atau kah belum pernah minum tapi pernah dengar kenikmatan nya dari cerita-cerita kawan anda. Iya kopi di warung atra kopi itu sangat nikmat dan gurih apalagi di minum bersama - sama teman dan di tengah suasana hujan.

"Kopi Atra Samalanga ini kopi saring, itu jangan sampai hilang, itu kopi tradisional kita," kata penikmat kopi kepada ilovesamalanga.com 

Saya selalu menikmati setiap atraksi yang ditunjukan oleh para penyaji atra kopi. Menyaring kopi secara berulang dalam sebuah orkestra barista dengan tempo allegreto sebelum akhirnya membiarkannya mengalir dari ketinggian tertentu ke dalam cangkir di bawahnya. Romantis bukan ? Tapi saya selalu penasaran dari mana mereka mendapatkan instrumen berupa dua teko, satu gayung, tempat air panas, berikut mejanya, berapa harganya, dan di mana lokasi untuk mendapatkannya.

Peralatan atra kopi terdiri dari beberapa bagian, yakni dua tempat air panas yang berbentuk persegi panjang untuk dua jenis minuman, teh dan kopi. Lalu ada dua teko besar untuk menyeduh kopi yang salah satunya dilengkapi dengan saringan. Lain halnya untuk teh yang hanya menggunakan satu teko dengan ukuran yang lebih kecil, tapi tetap dilengkapi dengan kain penyaring. Lalu terakhir satu buah gayung untuk mengambil air panas berikut meja yang sudah didesain sedemikian rupa untuk meletakan dua tempat air panas.

Semakin tebal material alumunium tentu harganya akan lebih mahal, namun untuk mudahnya mematok harga termurah sekitar 400 ribuan untuk satu set perlengkapan tanpa meja. Lama pengerjaan biasanya kurang dari satu minggu.

Alamat: Warung kopi Atra Samalanga, Jalan Sri Raya No.34 Samalanga, Kab. Bireuen, Nanggroe Aceh Darussalam‎.



0 komentar:

Posting Komentar

like

Popular Posts

Label