background img

The New Stuff

Rujak Aceh Samalanga, Segarnya Rujak Khas Aceh Nan Menggugah Selera

Mengunjungi Samalanga, Bireuen, tak lepas dari pemandangan aduhai yang membuat sobat traveler akan terkesima dan terpesona. Samalanga adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bireuen yang mempunyai peranan penting dalam sejarah Aceh lho, sobat traveler. Pahlawan yang terkenal dari Samalanga adalah Pocut Meuligoe, perempuan asal Desa Gampong Baro yang memimpin pemuda-pemuda Samalanga menggempur Belanda di Batee Iliek, yang kini menjadi sebuah objek wisata terkenal di Aceh. Tentunya, sobat traveler pernah mendengar kisah sejarah tersebut. Samalanga yang dikenal pula sebagai Kota Santri ini ternyata memiliki wisata kuliner yang lezat dan menggoyang lidah. Namanya Rujak Aceh Samalanga.

Rujak Aceh Samalanga, disebut demikian karena rujak Aceh tentunya banyak ditemukan di Aceh sampai di pelosok-pelosok desa. Rujak dari Samalanga ini memiliki kekhasan tersendiri.
Keunikan rujak Aceh pada umumnya memiliki keistimewaannya yang terletak pada cita rasanya yang asam, manis dan pedas. Bahan-bahan yang digunakan memang relatif sama seperti pembuatan rujak pada umumnya, yang terdiri dari buah mangga, pepaya, kedondong, bengkuang, jambu air, nanas, dan timun. Namun bumbu-bumbu yang digunakan, memiliki ciri khas tersendiri seperti garam, cabe rawit, asam jawa, gula aren (merah) yang cair, kacang tanah dan pisang monyet (pisang batu) atau rumbia (salak Aceh). Yang membedakan dengan rujak pada umumnya adalah penggunaan rumbi atau salak Aceh.

Yang menarik dari rujak Aceh Samalanga ini, di atas tempat ulekan yang besar terbuat dari batu itu bisa menampung untuk 50 porsi rujak, ulekan yang digunakan pun biasanya terbuat dari kayu jati. Cara penyajian rujak biasanya memang dilakukan dengan dua cara, yaitu pertama ditaruh di dalam piring dan yang kedua ditaruh di atas daun pisang. Pembeli yang makan di warung, biasanya disediakan di dalam piring, sedangkan yang akan dibawa pulang, biasanya dibungkus dengan daun pisang yang tentu menjadi ciri khas tersendiri.

Bagi sobat traveler yang berada di Sumatera Utara tak lengkap bila tidak menikmati lezatnya Rujak Aceh Samalangan ini. Penasaran kan, sobat traveler?

Selain di Batee Iliek Samalanga, sobat traveler juga dapat menikmati Rujak Aceh Samalanga di Warung Rujak Samalanga yang berada di Medan. Warung ini berada di Kelurahan Sei Putih Timur, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Akses menuju ke lokasi ini sangat mudah, karena warung ini berada di Jalan Gatot Soebroto di persimpangan Jalan Pasundan No. 220. Banyak angkutan umum yang lalu lalang melewati lokasi ini, seperti taxi, angkutan umum, becak mesin, dan becak dayung. Harga per porsinya (dalam piring) sebesar Rp. 5.000,00 (Maret 2008) dan harga per porsi yang dibungkus sebesar Rp. 7.000,00 (Maret 2008). Rujak yang dibungkus lebih banyak porsinya dari pada yang di dalam piring.

0 komentar:

Posting Komentar

like

Popular Posts

Label